PMR SMPN 4 Bandar Lampung

Sabtu, 24 Mei 2008

Peringati Hari Palang Merah Sedunia, PMI bersihkan Pantai Purus Padang

Memperingati Hari Palang Merah Sedunia yang ke 145, Kamis 8 Mei 2008, Palang Merah Indonesia (PMI) Daerah Sumatera Barat melaksanakan kegiatan Long March dan Bhakti sosial membersihkan pantai Purus yang diikuti oleh sekitar 300 anggota PMI yang terdiri dari Pengurus, Korp Sukarela (KSR), Tenaga Sukarela (TSR), Palang Merah Remaja (PMR).
“Saat melaksanakan Long March sejauh 2 km menuju pantai Purus tempat dilaksanakan kegiatan bhakti sosial kebersihan, sepanjang perjalanan kami melakukan penyebarluasan informasi tentang PMI melalui pembagian leaflet dan pemasangan spanduk”, ungkap Eko Suhadi, Ketua Panitia Pelaksana Peringatan Hari Palang Merah Sedunia PMI Daerah Sumatera Barat. Seperti yang dicanangkan oleh Federasi Internasional Perhimpunan Palang Merah dan Bulan Sabit Merah (IFRC) bahwa tema sentral peringatan yang diusung tahun ini tidak berbeda dengan tema tahun lalu yaitu “Bersama untuk Kemanusiaan” (Together for Humanity). PMI menyesuaikan tema tersebut dengan menitikberatkan pada pengurangan penderitaan manusia akibat dampak perubahan iklim global seperti bencana alam, rawan pangan, dan wabah penyakit.
“Kegiatan kebersihan lingkungan yang kami lakukan bersama masyarakat di Pantai Purus adalah salah satu upaya menghindari risiko dampak perubahan iklim”, ungkap Eko selanjutnya.
Pada sambutan upacara peringatan, Ketua PMI Daerah Sumatera Barat, dr. Nazzaroeddin Bakar, MPH. mengemukakan; “Sekarang bagaimana melakukan tindakan kongkret untuk membantu masyarakat terutama lapisan bawah yang rentan, serta membutuhkan bantuan”. “Tindakan kongkret tersebut harus dijauhkan dari pandangan masyarakat yang dianggap sebagai kegiatan seremonial belaka. Dalam artian, kegiatan sosial yang dilangsungkan PMI tidak hanya sekedar seremonial, tetapi seharusnya dipolakan bersama masyarakat sehingga menjadi kegiatan yang melembaga”, tambah Nazzaroeddin.
Di tingkat pusat peringatan Hari Palang Merah Sedunia, PMI dan masyarakat melakukan Gerakan Bersih Lingkungan di Kelurahan Petamburan Jakarta Pusat, Kamis (8/5). Kegiatan ini merupakan upaya PMI membantu masyarakat dari dampak kesehatan akibat perubahan iklim. Perlu diketahui, peringatan Hari Palang Merah Sedunia Tahun 2008 dengan tema serupa dilaksanakan oleh hampir semua PMI Cabang dan Daerah di seluruh Indonesia dengan kegiatan yang beragam.

Tidak ada komentar: