PMR SMPN 4 Bandar Lampung

Sabtu, 24 Mei 2008

PMI Serahkan Donasi 10.000 Dolar AS untuk Korban Gempa China

Untuk membantu korban bencana gempa bumi di Cina, Palang Merah Indonesia (PMI) menyerahkan donasi sebesar 10.000 Dolar AS kepada Palang Merah Cina (Red Cross Society of China) melalui Kedutaan Besar Republik Rakyat Cina (RRC) di Jakarta, pada Jumat (16/5).
Penyerahan donasi dilakukan oleh Ketua Umum PMI, Mar’ie Muhammad, kepada Kuasa Hukum Dagang Kedutaan RRC, Yang Ling Chu, dan disaksikan oleh Wakil Sekretaris Jenderal PMI, Rachmat Ahadijat. “Hubungan antara PMI dan Palang Merah Cina sangat erat. Palang Merah Cina juga telah banyak membantu PMI hampir di setiap bencana yang terjadi di Indonesia,” kata Ketua Umum PMI, Mar’ie Muhammad. Ditambahkan Mar’ie Muhammad, diharapkan donasi ini akan dapat membantu mengurangi penderitaan para korban bencana gempa. “Kami juga menyatakan apresiasi dan penghargaan kepada pemerintah dan Palang Merah Cina yang secara cepat turun menangani bencana ini,” katanya.
Sementara itu Kuasa Hukum Kedutaan RRC, Yang Ling Chu, menyatakan penghargaan yang setinggi-tingginya dan terima kasih kepada PMI atas donasi ini. Dijelaskannya bahwa meski bencana ini tergolong besar, pemerintah maupun Palang Merah Cina terus berupaya untuk membantu masyarakat yang menjadi korban. “Kami mengajak masyarakat untuk saling membantu agar kita bersama bisa mengatasi bencana ini,” kata Yang Ling Chu.
PMI dan Palang Merah Cina telah bekerjasama dalam kegiatan kemanusiaan untuk membantu korban bencana di Indonesia. Palang Merah Cina sebelumnya telah memberikan bantuan bagi korban bencana tsunami NAD dan Nias Desember 2004, banjir di Jakarta dan sekitarnya, gempa Yogyakarta dan Jawa tengah, serta gempa Bengkulu pada 2007 lalu melalui PMI.
Gempa bumi yang mengguncang Propinsi Sichuan, Senin (12/5), merupakan gempa terburuk yang melanda Cina setelah gempa di Tangshan pada 1976 lalu. Sejauh ini gempa telah menyebabkan sekitar 19 ribu orang meninggal dunia dan puluhan ribu lainnya masih dinyatakan hilang.

Tidak ada komentar: